Tentang SMA Walisongo Sragen

Pondok Pesantren walisongo sragen adalah pondok terbesar di Kabupaten Sragen. Ponpes walisongo sragen dibawah asuhan Abah KH Ma’ruf Islamuddin, ini bertempat di Sungkul, Plumbungan, Karangmalang, Sragen. Pondok Pesantren yang bertempat di tempat strategis ini, telah memiliki sekitar 700 santri putra maupun putri. Dengan lokasi di sentral Kabupaten Sragen ini bisa dituju dari arah Tugu Adipuro ke selatan sekitar 1 Km. Terdapat plat besar bertuliskan “Pondok Pesantren Walisongo Sragen”.

Pendidikan di Pondok Pesantren Walisongo Sragen mulai dari, KB-TK, SDI Walisongo, SMP Walisongo, WIFA (Walisongo Islamic Football Academy), SMA Walisongo, Tahfidzul Qur’an Walisongo, dan Mu’allimin Walisongo. Tidak hanya Pondok Pesantren berbasis salafiyyah dengan spesifikasi pelajaran Nahwu Shorof, ’Imrithi, maupun fiqih. Pondok Pesantren ini juga memiliki sejumlah program unggulan lain.

Pendidikan idealnya dapat menjadi agen perubahan. Karena pendidikan dapat memberikan arah yang jelas untuk menghadapi perubahan zaman ke arah yang lebih baik. Perubahan dapat dilalui dengan baik dan dijadikan sebagai landasan dalam mewujudkan pembangunan masyarakat Indonesia apabila pendidikan dijadikan pilar utama dalam perubahan tersebut.

Secara umum jika mengacu indeks pembangunan manusia Indonesia, kondisi pendidikan di Indonesia saat ini masih di bawah rerata untuk dapat dikatakan sebagai berpendidikan maju. Hal tersebut dikarenakan variatifnya tantangan seperti masalah mutu pendidikan, relevansi pendidikan, akses pendidikan, dan manajemen sistem pendidikan nasional. Tantangan tersebut mesti dihadapi untuk dapat mewujudkan manusia Indonesia yang seutuhnya serta mewujudkan cita-cita bangsa.

SMA Walisongo merupakan salah satu satuan pendidikan yang berpotensi tinggi dalam menjawab kebutuhan masyarakat. Penyenggaraan pendidikan dengan mengacu pada aturan pemerintah dengan tambahan materi agama Islam. Selain daripada itu, pemupukan kemandirian siswa dengan konsep boarding school membuat SMA Waliosongo Sragen ini menjadi tumpuan masyarakat. Pendidikan reguler, agama, dan pengembangan karakter tersebut menjadi daya tarik orang tua untuk menaruh kepercayaan urusan pendidikan terhadap institusi ini.

Pendiri

SMA Walisongo Karangmalang adalah beliau K.H Ma’ruf Islamuddin. Beliau merupakan muasis sekaligus pengasuh semua sub pendidikan yang di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Walisongo Sragen.

Selain sebagai seorang ulama’, beliau juga sangat memperhatikan dunia pendidikan formal. Akan adanya tantangan besar kondisi zaman saat sekarang ini, peran seorang terpelajar yang memegang teguh ajaran Islam secara kaffah menjadi titik motivasi penting bagi beliau. Sehingga, dari dasar pemikiran tersebut muncul gagasan untuk memajukan dunia pendidikan yang tidak hanya bagi para santri pondok pesantren, melainkan memadukan kurikulum yang terintegrasi dengan Dinas Pendidikan dengan kurikulum Pondok Pesantren.

Dari klausul itulah sehingga didirikan sub pendidikan di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Walisongo Sragen yakni SMA Walisongo Karangmalang. Kami berharap, Anda sekalian turut berjuang memajukan bangsa Indonesia melalui jalur pendidikan. Dan semoga harapan ini bisa kita wujudkan bersama, yakni menciptakan “Terbentuknya Generasi Beriman, Bertaqwa, Berbudi, Cerdas, Terampil, serta Mandiri yang Berwawasan Lingkungan, Sosial dan Global”.

Visi SMA Walisongo Sragen

“Terbentuknya Generasi Beriman, Bertaqwa, Berbudi, Cerdas, Terampil, serta Mandiri yang Berwawasan Lingkungan, Sosial dan Global”.

Ayo Mondok di Ponpes Walisongo Sragen

Misi SMA Walisongo Sragen

  • Menumbuhkembangkan nilai-nilai Pancadharma Yayasan Pondok Pesantren Walisongo Sragen (YPPWS) yang selaras dengan nilai-nilai keimanan,
  • Menerapkan nilai-nilai ketaqwaan melalui pengamalan ajaran agama Islam dan jati diri bangsa,
  • Mengembangkan sikap akhlaqul karimah peserta didik di lingkungan sekolah, kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,
  • Melaksanakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM) serta memberikan ruang bagi peserta didik untuk mengembangkan potensi,
  • Menyalurkan minat dan bakat peserta didik dalam rangka pengembangan keterampilan untuk menggapai prestasi di berbagai bidang,
  • Membentuk peserta didik yang disiplin, tanggung jawab, jujur, percaya diri, dan optimis agar dapat beradaptasi dengan lingkungan serta mampu berkompetisi di dunia global,
  • Mengembangkan manajemen pendidikan yang transparan, kredibel, profesional, partisipatif, dan berorientasi kemajuan,
  • Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan fasilitas pendidikan secara berkelanjutan melalui pengembangan kerjasama dengan pihak-pihak terkait.

Jam Belajar

07.00 s/d 17.00 WIB (termasuk kegiatan Ekstrakurikuler)

Alamat

Sungkul RT 12/04, Plumbungan, Karangmalang, Sragen 57222

Phone

(135)-573-2361
SMA Walisongo Sragen

Newsletter

Open chat
1
Butuh bantuan?
Assalaamu'alaikum... Ada yang bisa kami bantu?