Hakikat Ilmu Fisika yang Jarang Diketahui

Hakekat ilmu fisika

Fisika merupakan salah satu cabang ilmu sains selain Kimia dan Biologi. Lalu sebenarnya apa sih ilmu sains itu? Ilmu sains adalah suatu ilmu pengetahuan yang memperlajari gejala alam. Dalam proses memperlajari ilmu alam, ada tiga hal pokok yang perlu dilakukan, yakni pengamatan, eksperimen (percobaan) dan analisa.

Nah, karena Fisika merupakan salah satu ilmu yang mempelajari alam, maka ia termasuk dala kategori ilmu sain, begitulah penjelasan ringkasnya.

Secara pokok, Fisika mempelajari materi dan energi beserta interaksi antara keduanya. Sebagai contoh, kita sering kali mengetahui bahwa banyak ilmuwan yang mempelajari gelombang cahaya beserta instalasi listrik yang mampu dihasilkannya; atau mendengar bahwa ilmuwan mengembangkan ilmu PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir), dan tentu saja akan berkaitan dengan reaksi fisi fusi dari tembakan netron dan atom reaktif.

Apakah kita boleh mengatakan bahwa sains merupakan sebuah produk pengetahuan?

Berdasarkan pandangan, salah satunya Chollete dan Chiappetta pada tahun 1994 menyatakan bahwa sains merupakan a body of knowledge, a way of thinking, and a way of investigating. Artinya saina merupakan sebuah kumpulan pengetahuan, sikap cara berfikir serta proses untuk melakukan penyelidikan.

Secara runtut, berikut ini adalah mode lahirnya ilmu Fisika:

  1. Obervasi (pengamatan)
  2. Perumusan masalah
  3. Penyusunan hipotesis
  4. Eksperimen
  5. Kesimpulan
  6. Ditemukannya teori dan konsep

Ke-6 langkah di atas menjadi dasar fundamental yang mengakibatkan ilmu fisika mampu lahir dan berkembang secara kontinu.

Berdasarkan hal itulah, secara simpel dikatakan bahwa,
Hakikat ilmu Fisika adalah sebuah ilmu pengetahuan yang mempelajari materi beserta energi yang menyertainya serta interaksi imbal balik antara keduanya dengan proses metode ilmiah. Tiga hal pokok yang terkandung di dalamnya berupa konsep, prinsip dan teori.

Baca juga: Penggunaan Residu Minyak Bumi dalam Kehidupan Manusia

Demikian sekilas informasi mengenai Hakikat Ilmu Fisika yang Wajib Anda Tahu. Semoga bermanfaat, salam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Butuh bantuan?
Assalaamu'alaikum... Ada yang bisa kami bantu?